Jumat, 22 Desember 2017

Panglima TNI dan Khofifah akan Hadiri Sewindu Haul Gus Dur


Jakarta, CNN Indonesia -- Masyarakat mulai berdatangan ke lokasi haul sewindu almarhum mantan Presiden keempat Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur yang digelar di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (22/12).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, rombongan masyarakat yang berasal dari luar kota Jakarta datang dengan menggunakan bus pariwisata. Mereka hadir untuk memperingati Haul yang akan dimulai pukul 18.30 WIB.

Peringatan haul Gus Dur sebenarnya telah diawali sejak pukul 07.00 WIB. Dalam susunan acara yang diterima CNN Indonesia.com, sejak pukul 07.00-16.00 WIB dilakukan Khatmul Quran oleh santri Ciganjur.


Sejumlah polisi dan Barisan Ansor Nahdatul Ulama (Banser NU) juga telah bersiaga untuk mengamankan jalannya acara.

Di lokasi Haul juga tampak sejumlah pedagang makanan dan minuman yang menggelar lapak.

Putri Gus Dur yang juga ketua panitia Sewindu Haul Gus Dur, Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid mengatakan, haul tahun ini mengangkat tema 'Semua Demi Bangsa dan Negara'.

Menurut Yenny, tema tersebut sengaja dipilih untuk bisa dijadikan sebagai bahan refleksi semua elemen bangsa Indonesia untuk tetap bersatu meskipun berbeda pilihan politik, agama, suku bangsa, maupun ras.

"Namun, kesemuanya tetap harus disatukan oleh keinginan membangun bangsa, bukan hanya memenangkan kepentingan pribadi dan golongannya saja," kata Yenny dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.com, Jumat (22/12).

Acara sewindu haul Gus Dur tersebut rencananya akan dihadiri oleh sejumlah sahabat Gus Dur serta tokoh nasional.

Sahabat Gus Dur yang dijadwalkan hadir di antaranya KH Mustofa Bisri atau Gus Mus dan Gurutta M. Sanusi Baco.

Yang menarik, dua calon gubernur Jawa Timur yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul) serta Khofifah Indar Parawansa juga dijadwalkan hadir. Bahkan keduanya didapuk untuk menyampaikan testimoni tentang sosok Gus Dur.


Tak hanya itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dikabarkan juga akan hadir dalam peringatan sewindu haul Gus Dur.

0 komentar:

Posting Komentar

Tim Redaksi Buletin Santri Nurul Ulum. Diberdayakan oleh Blogger.