Kamis, 23 Maret 2017

Sekilas Pondok Pesantren Nurul Ulum


Pondok pesantren Nurul Ulum didirikan sejak tahun 1994, tepatnya pada tanggal 20 Juni 1994 dibawah pengelolaan Lembaga Pendidikan Maarif NU Cabang Kota Blitar. Pendirian Pondok Pesantren ini sebagai respon atas tuntutan masyarakat yang menghendaki penyelenggaraan pendidikan yang memadukan pendidikan pesantren dan pendidikan formal tingkat SLTA.
Tuntutan masyarakat tersebut didasarkan adanya kekhawatiran sebagian orang tua atas semakin meningkatnya kenakalan remaja akibat pengaruh lingkungan masyarakat yang kurang kondusif. Orang tua berharap, dengan menyekolahkan anak di sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren akan dapat meminimalisir berbagai kemungkinan dampak negatif lingkungan pergaulan yang kurang kondusif tersebut.
Didirikannya pondok pesantren ini juga tidak terlepas dengan keberadaan Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar yang menurut aturan pada waktu itu mensyaratkan siswa/siswinya tinggal di asrama pondok pesantren.
Tujuan diselenggarakan pondok pesantren yang dipadukan dengan pendidikan formal Madrasah Aliyah Keagamaan ini untuk mewujudkan generasi muslim beriman, bertaqwa  berpengetahuan luas, memiliki ketrampilan dan mandiri, sehingga siap hidup di era yang sesuai dengan zamannya.
Sejak dibuka tahun pelajaran pertama sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Kota Blitar. Sementara asrama siswa berada di Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimin Dawuhan Blitar.
Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997, karena tuntutan perkembangan pondok, maka kegiatan pendidikan Pondok pesantren beserta Madrasahnya diselenggarakan di lokasi gedung baru di Jl. Ciliwung 52 Kepanjenkidul Kota Blitar. (Sekarang Jl. Ciliwung 56 Kepanjenkidul Kota Blitar).
Seiring dengan tuntutan jaman, maka pada tahun 2005 Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar telah membuka satuan pendidikan yang baru yaitu MTs Maarif NU. Sehingga saat ini di pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar ini, terdapat 2 lembaga formal, yaitu Madrasah Aliyah Maarif NU dan Madrasah Tsanawiyah Maarif NU yang jumlah santri keseluruhan +1000 santri. Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, Pondok Pesantren Nurul Ulum, MA Maarif NU dan MTs Maarif NU Blitar berusaha mengetrapkan secara penuh suatu jenis pendidikan terpadu, yaitu semua siswa tinggal di asrama (boarding school system). Dengan sistem asrama ini, siswa mengikuti kegiatan pendidikan dalam tiga alokasi waktu, Intra Pagi, Intra Sore dan Diniyah Malam.

0 komentar:

Posting Komentar

Tim Redaksi Buletin Santri Nurul Ulum. Diberdayakan oleh Blogger.